Berbincang dengan Hoax, Media Sosial dan Dunia Digital (Materi 13 GMLD)

 Berbincang dengan Hoax, Media Sosial dan Dunia Digital (Materi 13 GMLD) Oleh Ansar Salihin Pertemuan ke-13 kelas Guru Motivator Literasi Digital (GMLD) Aam Nurhasanah kembali menjadi narasumber menjelaskan tentang Berbincang dengan Hoax, Media Sosial dan Dunia Digital, kelas GMLD dilaksanakan melalui Grup WA, Senin 29 November 2021 pukul 16.00-18.00 WIB yang dimoderatori oleh Dail Ma’ruf.

Menyalurkan Hobi di Platform Digital (Materi 7 GMLD)



Menyalurkan Hobi di Platform Digital

Oleh Ansar Salihin

Pertemuan ke-7 Kelas Guru Mativator Literasi Digital berlangsung melalui WA Grup yang dimoderatori oleh Rosminiyati, Senin 15 November 2021 pukul 16.00-18.00. Kelas GMLD tersebut menhadirkan narasumber Rita Wati, S.Kom (Guru di SMP Negeri 2 Mendoyo, Penulis, Blogger) membahas tentang Menyalurkan Hobi di _Platform_Digital. Materi inti yang disampaikan oleh materi tidak banyak, selebih narasumber lebih banyak menjawab pertanyaan peserta baik kendala mau tip-tip dalam menyalurkan hobi di platform digital.

Mengawali acara narasumber memberikan pertanyaa kepada peserta tentang hobi masing-masing. Beberapa peserta menjawab seperti traveling, membaca, kuliner, musik dan sebagainya. Jika hobi ini disalurkan melalui Platform Digital tentu akan sangat bermanfaat kata Rita Wati guru yang penuh prestasi dalam bidang menulis di tingkat nasional.



Lebih lanjut narasumber menjelaskan Hobi disalurkan dengan tepat dalam media digital hasilnya akan di luar dugaan contoh saja para youtuber yang berpenghasilan fantastis. “Apalagi kita sebagai guru jika banyak konten materi pelajaran yang kita buat tentu saja akan jauh lebih bermanfaat dan tentu saja menjadi ladang amal bagi kita yaitu ilmu yang bermanfaat. Hasilnya pun akan diluar ekspetasi kita, saya mulai diundang menjadi  moderator nasional, narasumber nasional salah satunya  karena aktif membuat konten di blog dan youtube” Jelasnya secara terperinci.

Manfaat Menyalurkan Hobi di _Platform_Digital

  • Membangun personal Branding
  • Bermanfaat untuk orang lain
  • Meninggalkan jejak digital
  • Mulai dikenal dan diundang dalam berbagai seminar / workshop
  • Mendapatkan income tambahan


Selain 5 manfaat tersebut dengan aktif menggunakan Platform Digital kita akan semakin kreatif. Selalu ada ide baru untuk dituangkan hal tersebut tentu saja perlu dukungan komunitas. Pemanfaatan platform digital yang beragam: blog, YouTube, dan sebagainya yang dapat disulap menjadi bentuk beragam pula, seperti buku.  Bahkan, membawa narasumber kita meraih prestasi yang luar biasa, antara lain menjadi moderator dan narasumber nasional.

Diakhir materinya narasumber menjelaskan, sebagaimana kita ketahui seseorang menjadi mahir dan ahli pasti melalui sebuah proses. Jika hari ini merasa ilmunya cuma sedikit pemikiran itu juga saya rasakan sebelumnya. Ketika telah bergabung dalam komunitas sesuai dengan hobi

"Nothing is imposible in this world what we look upon today tomorrow maybe acomplished fact”

Demikian materi yang disampaikan oleh pemateri tentang Menyalurkan Hobi di Platform Digital pada pertemuan ke-7 ini. Semoga materi yang diberikan dapat bermanfaat untuk penulis dan kepada semua peserta GMLD serta pembaca blog ini. Marilah gali hobi dan kembangkan hobi kita, kemudian salurkan melalui media literasi digital. Tentunya sebagai seorang guru walaupun bukan hobi, kegiatan proses mengajar sudah menjadi rutinitas, maka ritinitas tersebut dapat disalurkan melalui media digital. Baik dalam bentuk tulisan di blog maupun dalam bentuk visual melalui youtube. Guru harus menjadi konten creator dalam menyalurkan hobi dan rutinitasnya di platform digital. Apabila guru tidak dapat mengisi platform digital dengan materi pembelajaran, maka platform digital akan dikuasa oleh konten-konten yang dapat merusak generasi bangsa. Marilah ambil peran dalam membangun bangsa melalui literasi digital.

Salam Literasi Digital


Comments

Post a Comment

RPP/PERANGKAT